Senin, 03 Desember 2012

Merakit Speaker Aktif Sederhana Kualitas Luar Biasa

       Kalau kita berjalan-jalan di Pertokoan atau Mall dan melihat perlengkapan elektronik yang high end, terkadang kita begitu bernafsu untuk memiliki perlengkapan tersebut, misalnya kita melihat sebuah speaker aktif yang aduhai suaranya, bass nya begitu mendebarkan pokoknya wah deh. Iseng iseng kita tanya harganya pada pemilik toko, dan pemilik toko tersebut bilang " Ah cuma sekian rupiah saja mas.., murah ", akan tetapi bagi kita harga tersebut mungkin masih termasuk mahal, karena dikantong kita tak ada uang sebegitu banyak, atau bisa saja kita membelinya tetapi mungkin ada keperluan lain yang lebih mendesak, paling-paling kita cuma tersenyum kecut.
<!–nextpage–> Sebagai seorang ELECTRICIAN kita mempunyai gagasan, bagaimana membuat speaker aktif seperti di toko itu akan tetapi dengan biaya yang tentu saja dapat tejangkau dengan kondisi dari keuangan kita. Tak ada cara lain kita harus memanaskan solder dan meluangkan waktu kita untuk merancang speaker aktif yang paling tidak mirip seperti di toko tadi.
Ide membuat speaker aktif tersebut akhirnya menjadi kenyataan, dengan bekal pengetahuan kita mengenai elektronika. Dan hasilnya tidak kalah dengan speaker aktif yang ada ditoko tadi, yang paling membuat kita bersemangat dan bangga antara lain bila ada tamu yang datang kerumah kita, dan dia juga merasa tertarik dengan speaker aktif yang baru saja kita rakit itu dengan bangga kita menuturkan bahwa speaker aktif itu adalah hasil buatan kita sendiri, dan dia pun meminta kepada kita untuk membuatkan sebuah lagi untuk dirumahnya, sehingga inipun menjadi suatu peluang buat kita bahwa speaker aktif yang kita rakit itu dapat juga menjadi suatu sumber penghasilan tambahan buat kita.
OK tidak perlu banyak komentar lagi, segera saja panaskan solder Anda dan ikuti penjelasan dibawah ini untuk membuat speaker aktif yang murah tapi dengan kualitas yang tidak murahan.
Tabel Bahan Untuk Merakit Speaker Aktif
Bahan untuk rangkaian speaker aktif
Nama KomponenUkuran / SatuanJenisJumlah
Resistor1 K Ohm 0,5 wattMetal Film8
Resistor1 K 2 Ohm 0,5 wattMetal Film2
Resistor2 K 2 Ohm 0,5 wattMetal Film5
Resistor4 K 7 Ohm 0,5 wattMetal Film6
Resistor5 K 6 Ohm 0,5 wattMetal Film6
Resistor8 K 2 Ohm 0,5 wattMetal Film2
Resistor6 K 8 Ohm 0,5 wattMetal Film2
Resistor10 K Ohm 0,5 wattCarbon Shield4
Resistor15 K Ohm 0,5 wattCarbon Shield2
Resistor47 K Ohm 0,5 wattCarbon Shield2
Resistor330 K Ohm 0,5 wattCarbon Shield6
Resistor100 Ohm 0,5 wattMetal Film2
Resistor220 Ohm 0,5 wattMetal Film2
Resistor330 Ohm 0,5 wattMetal Film2
Resistor820 Ohm 0,5 wattMetal Film2
Resistor0,1 Ohm 5 wattWire Wound4
Potensiometer50 K OhmMono1
Potensiometer100 K OhmCT Stereo3
Capasitor100 pF 50 voltCeramic2
Capasitor4,7 nF 50 voltCeramic2
Capasitor39 nF 50 voltCeramic2
Capasitor47 nF 50 voltCeramic2
Capasitor1 uF 50 voltElectrolite2
Capasitor47 uF 50 voltElectrolite6
Capasitor220 uF 50 voltElectrolite4
Capasitor470 uF 50 voltElectrolite1
Capasitor4700 uF 50 voltElectrolite2
DIODA1N 4002 2 wattSilicon4
DIODA1N 4005 2 wattSilicon4
DIODA1N 4148 2 wattGermanium2
TransistorC 945Electrolite8
TransistorC 1815 Electrolite2
TransistorA 1015Electrolite2
TransistorBD 139Electrolite2
TransistorBD 140Electrolite2
TransistorTIP 132Electrolite4
Speaker4 inchi 8 Ohm 100 wattSubwoofer2
Speaker8 Ohm 50 wattTweeter2
Kawat tembaga email0,5 mm-----7,5 M
Papan PCB25 X 20 cmsingle side1
Papan PCB13 X 13 cmsingle side1
Ferri Cloride----------200 gr
Spidol Tahan Air----------1
Bahan Untuk Body Speaker
Kayu Lapis ( Tripleks ) berisi serbuk tebal 2 cm
Stereo Foam ukuran 1 X 1 M
Spon Busa untuk Reflektor Bass
Pelapis untuk Body speaker ( Plastik scotlead atau Pelitur )
Lem Putih
Setelah bahan-bahan tersebut sudah Anda siapkan, sekarang mari kita mulai proyek kita. Ikuti Langkah-langkah pembuatan speaker aktif idaman kita seperti dibawah ini.
MEMBACA RANGKAIAN KOMPONEN DAN MEMBUAT PCB UNTUK RANGKAIAN KOMPONEN
  • Lihat Rangkaian elektronika yang ada dibawah ini. Yang pertama Anda lakukan adalah melihat koneksi-koneksi antar komponen. Perhatikan baik-baik mengenai kutub-kutub dari komponen seperti DIODA, TRANSISTOR dan ELCO ( Elektrolit Condensator ) jangan sampai terbalik kutub nya karena komponen ini mempunyai resiko yang tinggi untuk meledak jadi hati-hatlah. Bila Anda belum begitu paham dengan teknik dasar elektronika sebaiknya Anda ikuti tutorial tentang pengenalan elektronika dasar dahulu di halaman World Of Electronics pada situs ini juga.
  • Siapkan PCB kosong serta spidol Anti air seperti yang disebutkan diatas. Buatlah dahulu koneksi untuk kaki TRANSISTOR, DIODA, ELCO setelah itu baru untuk komponen yang lainnya. PERHATIAN.. Penempatan kaki komponen ada disisi yang tidak ada lapisan tembaganya, jadi penempatan titik-titik untuk kaki komponen berada dalam keadaan terbalik, disini Anda juga harus paham teknik pembuatan layout PCB, bila Anda belum paham mengenai teknik tersebut Anda juga dapat melihat TIP pembuatan PCB yang ada disitus ini juga klik link ini untuk menuju ke Halaman tersebut.
  • Buat PCB untuk rangkaian CATU DAYA terlebih dahulu baru kemudian PCB untuk rangkain SPEAKER AKTIF. Karena rangkaian untuk catu daya tidak begitu banyak komponen nya, ini untuk melatih Anda menjadi lebih mengerti tentang design Lay Out PCB.
  • Anda memerlukan alat untuk melubangi koneksi kaki untuk komponen tersebut yaitu sebuah BOR tangan atau listrik dengan mata BOR berdiameter 0,5 mm.

Rangkaian Catu daya untuk Speaker Aktif
Keterangan gambar
T1= Transformator ( trafo ) primary 220 V, secondary 2 X 24 volt CT
D1 - D2= Dioda 1N4005
C1 - C2= Electrolit Condensator 4700 uF / 50 Volt
C3 - C4= Capasitor keramik 47 nF
R1 - R2= Resistor Wire Wound 1 Ohm 5 W
IC 1= IC Regulator Positif LM 7824
IC 2= IC Regulator Negatif LM 7924
Posisi dari komponen-komponen catu daya berada diatasnya, penempatan komponen dalam posisi cermin. Lihat gambar berikut.

Posisi Komponen nampak dari atas

bentuk fisik dari LM 7824
Setelah rangkaian dari CATU DAYA untuk SPEAKER AKTIF selesai dirakit, tes dahulu tegangan keluaran dengan mempergunakan AVR. Cara mengetes rangkaian catu daya :
  • Putar tombol AVR ke posisi tegangan DC 50 V, aktifkan rangkaian catu daya dengan menghubungkan ke bagian secondary dari TRAFO ke rangkaian catu daya. Perhatikan jangan terbalik antara secondary dan primary dari TRAFO.
  • Beri arus listrik AC 220 Volt pada bagian primary dari TRAFO.
  • Tempelkan Kabel berwarna Hitam dari AVR pada Titik CT pada rangkaian, dan tempelkan kabel merah AVR ke Titik OUTPUT POSITIF ( + 24 V ) dari rangkaian. Lihat jarum penunjuk pada AVR. Bila rangkaian benar, maka jarum dari AVR akan menunjukan tegangan 24 V.
  • Tempelkan Kabel berwarna Hitam dari AVR pada Titik OUTPUT NEGATIF ( - 24 V ) dari rangkaian, dan tempelkan kabel merah dari AVR ke Titik CT dari rangkaian. Bila rangkaian benar maka jarum penunjuk dari AVR akan menunjukan tegangan 24 V juga.
    Rangkaian catu daya telah kita buat, sekarang adalah merangkai Proyek Utama kita yaitu Rangkaian Speaker aktif . Rangkaian PCB nya seperti gambar berikut :

    Skema jalur PCB Speaker Aktif Ukuran sebenarnya

    Posisi komponen yang diletakan pada PCB
    Keterangan Tambahan
    1. 1K7. 330K13. 330K
    2. 4K78. 47K 14. 330K
    3. 330K 9. 4K715. 5K6
    4. 47K10. 330K16. 5K6
    5. 1K11. 330K17. 2K2
    6. 4K712. 4K718. 5K6
    Simpan skema pertama diatas dengan cara mengklik kanan mouse lalu pilih SAVE PICTURE AS. Cetak skema tersebut dengan printer ( Skema PCB diatas merupakan ukuran yang sebenarnya ). lalu tempelkan pada PCB kosong. Usahakan posisi penempelan PCB kosong, sesuai dengan jalur gambar yang di cetak. Kemudian gunakan BOR untuk melubangi PCB dengan mengikuti titik-titk hitam pada gambar, setelah di lubangi kemudian lukislah jalur-jalur tersebut dengan menggunakan spidol. Hati-hati jangan sampai jalur yang tidak ikut terhubung, menjadi rapat dengan yang lainnya. Setelah itu ETCHING lah PCB tersebut seperti yang telah Anda lakukan terhadap proses pembuatan PCB CATU DAYA sebelumnya, memang yang ini lebih sedikit lebih rumit dan perlu ketelitian yang besar.
    Pada gambar kedua diperlihatkan bagaimana Anda menyusun komponen-komponen pada tempatnya. Bila Anda cukup mahir dengan PROSES SABLON tentunya akan lebih membantu dan proses diatas dapat dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan proses cetak sablon sehingga Anda tidak lagi memerlukan spidol untuk melukiskan jalur-jalur PCB diatas. Hasil cetak dengan sablon sangat dianjurkan, sayangnya teknik penyablonan tidak termasuk lingkup EXACTA sehingga, bagi Anda yang ingin mempelajari TEKNIK CETAK dengan SABLON dengan sangat disayangkan tidak dibahas pada situs ini, Anda bisa mencari referensi mengenai teknik sablon dari BUKU atau SITUS yang lain. Tapi saya mempunyai sedikit solusi mengenai masalah ini, Bila Anda menganggap terlalu jauh untuk mempelajari teknik penyablonan. Anda bawa saja hasil cetak tersebut ke tukang sablon dan mintalah bantuan darinya untuk menyetak skema PCB tersebut pada PCB kosong atau Anda bisa minta dibuatkan screen cetak dari skema diatas yang mungkin nanti Anda bisa gunakan screen itu untuk mencetak lagi dilain hari.
    OK kita kembali lagi ke pokok pembahasan kita. Lupakan saja mengenai teknik penyablonan bila Anda menganggap proses tersebut memakan biaya yang besar, toh dengan menggunakan spidolpun hasilnya tidak kalah bagus dengan proses sablon bila Anda memang orang yang kreatif dan teliti. Tapi bila Anda termasuk orang yang pemalas dan ingin praktis, Anda dapat memesan PCB yang sudah jadi melalui SSC.
    Nah proses selanjutnya adalah merangkai komponen-komponen untuk rangkaian speaker aktif . Perhatikan tata letak pada PCB seperti gambar kedua diatas. Ingat jangan sampai terbalik pemasangan beberapa komponen seperti : TRANSISTOR, DIODA dan ELCO, bila terbalik akan berakibat fatal. Pada gambar kedua disitu ada keterangan CT dan R CT, untuk titik dengan keterangan CT dihubungkan dengan Rangkaian catu daya bagian CT juga. Sedangkan R CT dihubungkan dengan TRIMER POTENSIO ( POTENSIOMETER ) seperti gambar dibawah ini :

    lokasi titik CT
    pada potensiometer
    Untuk ELCO bagian yang diarsir putih adalah kutub negatif sedangkan untuk DIODA yang diarsir putih adalah tanda dari KATODA nya. Untuk TRANSISTOR bagian yang diarsir putih menunjukkan bahwa itu adalah posisi keping logamnya ( Lihat gambar transistor diatas ). Untuk perkabelan yang menuju titik AUDIO INPUT, gunakan kabel berisi 2 kabel yang diselimuti oleh kabel serabut, hal ini berfungsi untuk mengurangi efek dengung atau noise pada rangkaian. Kabel serabut yang menyelubungi kedua kabel tersebut dihubungkan ke bagian CT ( Ground ) usahakan kabel tersebut jangan terlalu panjang untuk mengurangai impendansi dari kabel.
    Langkah berikutnya adalah mengetes rangkaian tersebut, tentu saja setelah Anda menyoldernya dan meneliti ulang apakah posisi dari rangkaian tersebut sudah benar apa belum. Anda hubungkan rangkaian speaker aktif dengan rangkaian catu daya serta speaker. Untuk mengetes AUDIO IN coba Anda gunakan WALKMAN, VCD atau pemutar MP3. Kecilkan potensiometer untuk VOLUME dengan cara memutar kearah kiri ( berlawanan arah jarum jam ) sampai habis. Setel dan putar perlahan-lahan volume pada rangkaian, Tes pula Pengatur BALANCE, TREBLE dan BASS bila semua berfungsi dengan baik maka saya pantas mengacungkan jempol kepada Anda. Selamat.., sampai disini boleh dikatakan Anda sudah 90 persen berhasil.
    Membuat Body Speaker Aktif
    Membuat body Speaker Aktif dan penempatan rangkaian didalamnya
    Semua rangkaian sudah dibuat, sekarang adalah bagian terakhir kita menuntaskan pekerjaan kita yaitu membuat body atau rumah dari speaker Aktif tersebut. Disini sebenarnya tergantung dari selera dan kemampuan Anda dalam membuat body tersebut. Bentuknya terserah Anda mau Kotak, Persegi atau bulat, disini saya hanya memberi contoh yang sederhana saja. Akan tetapi walaupun demikian sebaiknya Anda mengikuti petunjuk-petunjuk berikut agar projek kita ini menjadi sempurna dan sesuai dengan harapan kita pertama kali.
    Ok coba Anda simak tip-tip berikut ini agar speaker aktif yang akan kita masukan kedalam body tidak hanya menarik dari luarnya, tetapi hasilnya jauh dari yang kita bayangkan sebelumnya.
    • Gambarlah dahulu rangkaian body speaker dengan ukuran-ukuran sesuai agar nantinya terlihat indah dan enak dipandang jangan sampai salah ukuran, karena beda beberapa mili meter saja hasilnya akan terlihat tidak memuaskan perhatikan contoh gambar dibawah ini :
    Contoh beberapa Rancangan Body Speaker Aktif
    • Setelah dibuat rancangan untuk body, sekarang kita coba memilah bagian-bagian dari body tersebut yang nantinya bila kita satukan hasilnya seperti yang kita gambarkan. Perlu diingat bahwa Rangkaian komponen berada pada salah satu body speaker sedangkan yang satunya lagi hanya berisi SPEAKER biasa.

    Memilah bagian-bagian dari body speaker dengan ukuran yang pas
    • Setelah bagian-bagian dari body telah kita buat sekarang kita rekatkan STEREO FOAM pada masing-masing pilahan body speaker tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan merekatkan bagian bagian belakang terlebih dahulu. Setelah bagian belakang dari body direkatkan satu dengan yang lainnya yang terakhir adalah merekatkan SPON BUSA sebagai reflektor untuk suara BASS.
    Keterangan :
    T = Tripleks
    SF = Stereo Foam
    SB = Spon Busa
    Merekatkan STEREO FOAM dan SPON BUSA
    Untuk menciptakan suara BASS dan TREBLE yang hidup.
    • Bagian selanjutnya dari pembuatan body adalah menaruh potongan paralon pada bagian muka dari body, ujung paralon ini berada di dalam body sebagai pembuang hembusan suara BASS. Paralon berukuran diameter 2,5 inchi sudah cukup, jangan terlalu besar sebab lubang udara ini hanya untuk menimbulkan effek suara BASS yang dalam.


    Penempatan paralon untuk menambah efek suara BASS
    • Bagian terakhir dari proyek kita kali ini adalah menempatkan rangkaian yang telah kita rakit sebelumnya kedalam BOX yang baru saja dibuat juga, hanya salah satu dari kedua BOX yang kita buat yang dimasukkan rangkaian.
    Keterangan :
    P = Potensiometer
    C = Circuit / Rangkaian

    1. Potensiometer
    2. Circuit / Rangkaian
    3. Blok Rangkaian Catu Daya
    4. Transformer (trafo)
    Penempatan posisi dari masing-masing komponen pada BOX
    Nah dengan demikian maka jadilah sudah SPEAKER AKTIF yang dari semula kita idam-idamkan, Anda dapat menaruhnya dimana saja Anda suka. Diruang tamu sekalipun bila memang itu hasil karya kita sendiri maka akan menambah kebanggaan kita terhadap tamu-tamu yang bertandang ke rumah kita.
    Dengan demikian selesai juga proyek pembuatan speaker aktif kali ini, bila Anda punya kesulitan atau mungkin juga ada kritikan terhadap proyek ini, silahkan Anda memaparkan nya lewat SSC forum, di ruang ELEKTRONIKA, Tak ada gading yang tek retak, demikian kata pepatah. maka dari itu bila ada kata atau penyampaian yang tidak berkenan di hati Anda saya meminta maaf yang sebesar-besarnya.

31 komentar:

  1. gan, mo nanya.komponen apa yg berkode OR1 di pcb?
    saya cari di bagian komponen tidak ada.
    Sudah pernah dipraktekkan gan rangkaianny speaker aktif nya?saya takut gak hidup gan.thanks

    BalasHapus
  2. kira kira berapa harga semua komponen yang telah di cantumkan itu?....

    BalasHapus
  3. wah saya gk ngerti macalah papan PCB ??? Apakah tembaganya kita rakit sendiri atw udah nempel tembaga disitu. Dan kita ukir.? dan #uga masalah primari dan secondary... Sy juga gk punya trapo demikian.. Yg ada trapo komputer...hehehe tolong di totalkan hasil biaya dari pralatan dan komponen yang di sebutkan di atas ? Agar saya memenuhinya...sa ingin membuat,, saya buat salon dengan 2 speaker bass 8 ohm dan 2 speaker trable,, dan sebagai aliran masuknx ke speaker saya gunakan..mp3/radio/usb/card yg harganx 200 Rb an itu speaker2 kecil... Yang berdaya batre...namun saya tambah dengan 3 batre posisi gabung kutub yg sama.. Jd hasil suara lumayan keras. Tp kurang bass,,cuman standar... Dan daya nyala salonx 6 jam gk lebih mlh kdng kurang dr 6 jm hehhehehe..makasih infonx yg mau cobain..rakitnx..

    BalasHapus
  4. makasih infonya saya mau coba...

    BalasHapus
  5. Thanks banget infonya gan ! :)

    BalasHapus
  6. jika cara merakit power subwofer 8 inch 2 subwofer kira2 berapa amper 150/200 amper gan tolong gambar kompenen nya dan pcb nya plus cara paszang nya dan letak nya lalu kirim ke email/facebook/tweeter/google saya ersa_samudra@yahoo.com yg berani bedaaa dan yang mantap gan.............trims

    BalasHapus
  7. Mau tanya ni gan?
    Saya punya speaker ukuran 12 in dua speaker kira-kira kalo dibuat speaker aktif komponennya seperti apa gan mohon bantuannya gan...?

    BalasHapus
  8. kalau misalnya daur ulang dari speaker bekas bisa gak??, maunya di kecilkan ukurannya spy bisa dibawa kemana2

    BalasHapus
  9. mau tanya nh om.. Guna nya kawat tembaga buat apa yaa,, maklum masih baru di dunia electro

    BalasHapus
  10. tutorialnya keren gan, saya dan TOA suka.

    BalasHapus
  11. gan gambar PCB nya gak ada mohon di kasih pencerahan...
    hendrarosabudiman@yahoo.co.id
    makasih

    BalasHapus
  12. Gambar PCB dan skema kok tidak muncul?
    Kalau cuma tulisan komponen tapi tidak ada gambar dan skema ya sama aja. Gimana membuatnya???!!!!
    Mohon ditampakkan gambarnya.... Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba artikelnya d copas dl di MS. Word,
      coalnya gambar e bisa muncul tuh d lapy ku ..

      Hapus
  13. gan, kalo bisa masukin gambarnya.. ane kurang ngerti thankz..

    BalasHapus
  14. speakernya MANTAP
    thanks for infonya gan
    tanpa gambar saya juga bisa menstimulasikan rangkaiannya

    BalasHapus
  15. ajaib,, gambar skemanya sampai sampai gak keliatan

    BalasHapus
  16. Kalo terima jadi berapa gan soale ga paham mau nyoba

    BalasHapus
  17. gan potonya kok gk keliatan -_-

    BalasHapus
  18. Kawat tembaganya buat apa ya gan ??

    BalasHapus
  19. Lengkap komponennya, makasih gan bisa jadi referensi
    saya tentang merakit speker aktif

    BalasHapus
  20. bro kalau resistor 10 k dicabut ( ngga pake resistor bisa ngga?,apa dy bunyi bgaus ngga? )

    BalasHapus
  21. mAU tanya 1 travo apa bisa digunakan buat 2 rangkaian

    BalasHapus
  22. GEBYAR PROMO TERBARU Aman Dan Murah Bebas Resiko,.
    Produk yang Kami Tawarkan Semuanya asli original, Ada Garansi Resmi Distributor.
    dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.MINAT HUB / SMS 0857-3112-5055.KLIK WEB RESMI KAMI http://alpha-shopelektronik.blogspot.com/
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.2.500.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32gb Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.300.000
    Ready Stock ! Samsung L9100 Galaxy S2 - Black Rp.900.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 7.0-16GB-Putih Rp. 1.300.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 8.0-16GB-Putih Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Black Rp. 1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 900.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Tab 3 10.1-16GB-Putih Rp.1.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White Rp.400.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note Edge 32GB-Hitam Rp. 2.700.000.
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Alpha SM-G850-32GB-Gold Rp. 2.000.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand 2-8GB-Putih Rp. 1.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Mega 6.3 l9200-16GB-Hitam Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 SM-A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 SM-A500F Rp.2.000.000

    BalasHapus
  23. Mau nanya gan,, D1 & D2 pada skema rangkaian di pcb nilainya berapa ya gan,,maaf takut salah..Trim's

    BalasHapus
  24. Resistor kapurnya cuma 0,1 Ohm /5 watt yach..?

    BalasHapus